Terbaru

Seberapa Pentingkah Puasa Sunah Senin dan Kamis?

 Puasa merupakan salah satu ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umat muslim. Ibadah ini tidak hanya untuk menghapus dosa saja melainkan juga membantu seseorang terhindar dari godaan syahwat dunia. Dan Ibadah Puasa dikerjakan bukan hanya di bulan ramadhan saja, tetap bisa dilakukan kapan saja kecuali di hari yang diharamkan. Salah satu puasa sunah yang bisa dilakukan adalah puasa sunah Senin Kamis. Adapun keutamaan puasa senin kamis yang sayang jika dilewatkan begitu saja (islamposcom), adalah : 1. Pintu-pintu surga dibuka pada dua hari tersebut, yaitu pada hari senin dan kamis. Pada saat ini orang mukmin diampuni, kecuali dua orang mukmin yang sedang bermusuhan. Dalil dari haditsyang termaktub dalam shahih muslim dari abu hurairah radhiallahu 'anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasalam bersabda, "Pintu-pintu surga dibuka pada hari senin dan kamis. kama semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang ya

Belajar membuat stempel dengan CorelDraw

Kali ini mari kita akan belajar membuat master stempel menggunakan program CorelDraw, bagi anda yang pengin membuat stempel untuk keperluan pribadi atau usaha boleh lha tips dibawah dicoba. Untuk program corelDraw yang dipakai ditutorial kali ini bisa menggunakan CorelDraw versi 11 keatas.


  1. Langkah pertama buka lembar kerja baru di corelDraw atau select File - New, bisa juga shortcut Ctrl+N.
  2. Pilih satuan unit untuk mempermudah pekerjaan kita nanti, milimeter.
  3. Gunakan Ellipse Tool (F7) untuk membuat lingkaran, tekan tahan tombol Ctrl kemudian drag gambar lingkaran ditengah-tengah canvas mendia kerja. Ukuran 50x50mm.
  4. Atur ketebalan garis untuk mempermudah proses pembuatan stempel, ditutorial ini kita menggunakan ukuran 0,5mm untuk lingkaran 1, lingkaran 2 & 3 ukuran 0,35mm
  5. Select lingkaran yang telah kita buat tadi, pilih Effect - Contour untuk memunculkan toolbar Contour di media kerja kita. Pilih contour : inside - offset : 1mm - steps : 1. Lingkaran 2
  6. Select semua lingkaran kemudian tekan Ctrl+K, untuk memisah dua bagian lingkaran tadi. Select lingkaran hasil contour, kemudia kita buat lagi contour lingkaran lagi dengan cara yang sama. Pilih contour : inside - offset : 5mm - steps : 1. Lingkaran 3
  7. Langkah berikutnya buat teks diluar lingkaran tadi menggunakan text tool. Gunakan jenis font : Arial - Bold, size 10pt. Buat dua text : pertama saya menggunakan contoh "RIVANETWORK GRAPHIC DESIGN" text kedua kita menggunakan "SIDOARJO" untuk diletakkan di bawah. Atur alignmen kedua text menjadi center.
  8. Select text pertama dan Lingkaran 2 yang telah kita buat tadi. pilih Text - Fit Text to path, nah sekarang text pertama kita menumpuk diatas lingkaran 2, agar posisi text pertama diantara lingkaran 2 dan 3, select text pertama kemudian tekan tahan Ctrl - Drag text pertama diantara lingakaran 2 dan 3.
  9. Untuk text kedua sama dengan langkah kedelapan, cuma kali ini kita menggunakan lingkaran 3, select text kedua dengan lingkaran 3 pilih Text - Fit Text to path. Drag juga text kedua seperti text pertama tepat diantara lingkaran 2 dan 3. karena setalah didrag posisi text jadi auto rotate, kita atur kembali seperti semula dengan menggunakan mirror text.
  10. Langkah terakhir untuk merapikan tampilan text bisa anda gunakan shape tool, tambahkan accessories berupa logo ditengah stempel plus tanda dua bintang diantara dua text.
  11. Untuk memperlancar kemampuan anda menggunakan CorelDraw anda bisa bereksperimen dengan tutorial diatas.... Selamat Mencoba!!!!

Comments

  1. cara membuat stempelnya lengkap
    thanks sob...

    ReplyDelete
  2. Iya,,, sama-sama. Mudah2an Tutorial ini bermanfaat bagi siapa saja.

    ReplyDelete

Post a Comment